Beras adalah bagian bulir padi (gabah) .yang telah dipisah dari sekam. Sekam dalam (Jawa merang) secara anatomi disebut palea (bagian yang ditutupi) dan lemma (bagian yang menutupi).

Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi atau gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas daripada isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang akan disebut beras.

Macam – macam Warna Beras:

  • Beras putih,sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.

  • Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.

  • Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

  • Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.

  • Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

 

Kandungan Gizi Serta Fakta Yang Ada Pada Beras:

  • Serat Beras merah mengandung 1,8 persen serat, sedangkan beras putih memiliki 0,3 persen serat. Satu cangkir beras merah direbus memiliki 3,5 gram serat. Pati yang tahan ditemukan di beras. Sayangnya, pati ini membantu memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus sehingga merangsang pertumbuhan mereka.
  • Vitamin dan Mineral Banyak vitamin dan mineral dalam beras merah, bukan nasi putih. Vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga hadir dalam beras merah. Tiamin adalah vitamin B yang membantu metabolisme karbohidrat, dan magnesium membantu dalam ratusan reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA. Mangan membantu metabolisme karbohidrat dan protein.
  • Karbohidrat Karbohidrat hadir dalam beras terutama dalam bentuk pati. Ini menyumbang hingga 90 persen dari total berat kering dan 87 persen dari total konten kalori. Pati terdiri dari rantai panjang glukosa yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Beras seperti basmati tinggi amilosa yang tidak menempel setelah dimasak.
  • Senyawa tanaman lain Beras berpigmen merupakan varietas merah kaya akan antioksidan. Asam fitat adalah antioksidan yang ditemukan pada beras merah. Lignan ditemukan dalam dedak padi; asam ferulic juga antioksidan kuat lainnya yang ditemukan dalam dedak padi dan 2-asetil 1-pyrroline (2AP) bertanggung jawab untuk rasa dan aroma beras wangi seperti beras Jasmine dan basmati.

 

 

 

× INFO HARGA